Sabtu, 31 Agustus 2013

SELAMAT PAGI

oleh Robie Kholilurrahman*

Selamat pagi orang-orang marjinal, yang tiap hari terpapar lifestyle mewah, menyakitimu, membuatmu berpikir untuk menirunya bagaimanapun jua, hanya sekadar supaya bisa sama.

Selamat pagi orang-orang tidak terkenal, yang tiap hari disajikan tontonan yang tak kau mau; cerita-cerita tentang orang-orang terkenal yang karena diceritakan, makin terkenal-lah mereka. Sedangkan kau, hanya menonton membuatmu semakin tidak terkenal.

Selamat pagi para buruh, yang kemanusiaanmu kau gadaikan hanya demi kunyah dan se-gemerincing rupiah untuk orang rumah. Yang jam kerjamu memenjarakanmu dari berkumpul dan bersosialisasi, yang karena kau buruh, barang yang kau produksi adalah sangat jauh dari dirimu walau ia tiap hari menyambangi tanganmu.

Selamat pagi para perempuan, yang terlahir di dunia lelaki, yang mencap hitam keningmu tanpa kau mau, dengan tulisan 'ini perempuan'.

Selamat pagi para pemulung, yang dibilang pemalas oleh para mahasiswa, padahal jika kau mogok kerja, mereka kelimpungan di kepung sampah.

Selamat pagi mahasiswa, yang chauvinis, congkak, dan banyak omong (kosong) padahal oportunis.

Selamat pagi kau, yang mengusik pikirku malam tadi.

Selamat pagi diri, yang sulit sekali mengucapkan selamat pagi dengan cara yang lebih sederhana dari ini. 

_________

*Mahasiswa FISIP UI 2010. Beredar di twitland dengan ID @rkholil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar